Home - Blog - Giat Mengaji Para Santri Yatim
Giat Mengaji Para Santri Yatim
Yayasan almuzakki Jepara - Januari 28, 2021
Anak Yatim
yayasan almuzakki

 

Mengaji Al-Qur’an sejak dulu telah menjadi budaya masyarakat Indonesia. Namun, akhir-akhir ini mengaji Al-Qur’an sudah mulai ditinggalkan. Umat Islam lebih asik mengikuti sinetron dan film seraya duduk berlama-lama di depan televisi dari pada membuka mushaf Al-Qur’an.

Mempelajari Al-Quran merupakan suatu anjuran dalam agama Islam, karena Al-Qur’an adalah sebagai pedoman hidup umat manusia yang harus dipelajari. Dalam hal ini menjadi tolok ukur seorang muslim adalah sejauh mana upaya dan usahanya dalam mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an. Hal ini sesuai dengan Hadis Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi sebagai berikut:

”Telah bercerita kepada kami Mahmud ibn Ghailan, dia berkata: Abu Dawud memberitahukan bahwa Syu’bah telah bercerita bahwa Alqamah ibn Marsadin berkata: aku mendengar Sa’ad ibn ‘Ubaidah bercerita dari Abi Abdurrahman dari ‘Usman ibn Affan bahwa Rasulullah SAW bersabda: ‘Sebaik-baik orang di antara kalian adalah yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya...”

Dan Firman Allah Surah Fathir ayat 29-30 yang artinya:  

"Sesungguhnya orang-orang yang selalu membaca Kitab Allah (Alquran) dan melaksanakan sholat dan menginfakkan sebagian rezeki yang Kami anugerahkan kepadanya dengan diam-diam dan terang-terangan, mereka itu mengharapkan perdagangan yang tidak akan merugi, agar Allah menyempurnakan pahalanya kepada mereka dan menambah karunia-Nya. Sungguh, Allah Mahapengampun, Mahapensyukur." (QS Fathir: 29-30). 

Bagi setiap muslim selayaknya isi Al-Qur’an harus dijadikan tuntunan bukan tontonan. Ayat-ayat Al-Qur’an hendaknya dapat dijadikan sebagai kompas kehidupan. Oleh karena itu bagi setiap muslim hukumnya wajib untuk membaca, mempelajari dan mengajarkan Al-Qur’an. Setiap ayat yang tertulis di dalam Al-Qur’an memiliki makna dan maksud yang berbeda. Apabila kita banyak membaca ayat ayat Al-Qur’an, maka kita akan makin banyak mendapatkan manfaat dan kebaikan.

Allah menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad Saw. untuk mengeluarkan umat manusia dari kegelapan dan kebodohan menuju cahaya Islam, sehingga menjadi benar-benar umat yang baik dan terbaik yang pernah ada di muka bumi ini. Diantara ciri khas atau keistimewaan yang dimiliki Al-Qur’an adalah ia bisa memberi syafa’at pada hari kiamat pada orang-orang yang membacanya dan mengkajinya. Kita temukan ayat-ayat suci Al-Qur’an yang menunjukkan adanya syafaat,

Di Yayasan Yatim Piatu dan Dhuafa’ Al-Muzakki menggalakkan progam giat mengaji para santri, anak-anak asuh atau para santri yatim diajarkan untuk terbiasa membaca, mendalami, memahami dan mencintai Al-Qur’an, semoga dengan bekal sumber pedoman kehidupan ini, outputnya nanti para santri akan siap terjun dikehidupan dimasyarakat dengan bekal yang cukup. Alhamdulillah semoga bermanfaat dan berkah, Aamiin

 

Artikel Lain
yayasan al Muzakki
Jl. Raya Benteng Portugis RT 08 RW 05 Desa Banyumanis, Donorojo,Jepara, Jawa Tengah 59454
Lihat Peta yayasan al Muzakki